Halaman

Jumat, 02 Maret 2012

minuman ion

Pocari Sweat dan Air Zamzam



Kenalan dulu yuk sama Pocari Sweat
Pocari_Sweat2
Pocari Sweat, enak dan segar
Pocari Sweat
Hai kawan apa kabar hari ini? Semoga selalu sehat wal afiat yaa.. Makin ceria dan makin sukses selalu… amiinn.
Kawan… sebelum kita mengetahui sejarah Pocari Sweat atau nonton video sejarahnya, tidak ada salahnya kan kenalan dulu sama Pocari Sweat? hehehe. “Tak kenal maka tak sayang”, kalao udah kenal harus sayang lo ya? *nodong. keingetan dulu sempet nonton sejarahnya pocari sweat, huahhh keren abis
ehhh kebetulan di kampus dosen kimia nerangin tentang ion jadi nyambung sama minuman yang ini dech. Udah pada tahu kan apa itu Pocari Sweat? Kebangetan kalao gak tahu xixixi.
okkk kita mulai iaaa...
Pocari Sweat (ポカリスエット Pokari Suetto) adalah minuman kesehatan paling populer di Jepang yang di produksi oleh perusahaan Otsuka Pharmaceutical Co, Ltd. Selain di Jepang, minuman dengan kemasan berwarna dasar biru ini juga dipasarkan di daerah Asia Timur lainnya, Asia Tenggara dan Timur tengah.
Nama Pocari Sweat sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Iklan Pocari Sweat sering kita temui di televisi dengan slogan khasnya “Minuman pengganti ion tubuh“. Di akhir iklan disisipi slogan untuk penyemangat Pocarian (sebutan untuk pecinta Pocari Sweat -Ros) yang berbunyi “Go Ion !!“.

Fungsi dan keunggulan Pocari Sweat apaan sih?

Sesuai dengan slogannya, fungsi Pocari Sweat adalah menggantikan cairan dan elektrolit tubuh yang hilang. Yaitu cairan tubuh yang hilang setelah berolahraga atau beraktifitas berat serta banyak mengeluarkan keringat. Misalnya usai jogging, bersepeda, dsb.
Pocari Sweat juga bermanfaat untuk mengembalikan kondisi tubuh. Misalnya kelelahan, seharian berpuasa, dsb. Termasuk mengembalikan kondisi tubuh usai sakit. Rasa Pocari Sweat juga enak dan segar, jadi tidak bosan minum kapan saja dimana saja.


Sejarah kesuksesan Pocari Sweat mulai nol

Sekilas tentang Akihiko dan mimpi besarnya

Mengisahkan tentang Akihiko Otsuka (35th) cucu dari pendiri Otsuka Group. Pada tahun 1973 ketika istirahat kerja dia mempunyai tekat untuk mengembangkan produk yang belum pernah ada.
Rokuro Harima (44th) staff ahli rasa, atas pengalamannya di Mexico, memberikan saran kepada Akihiko untuk mengembangkan cairan minuman infus. Namun Akihiko menolak lantaran waktunya belum tepat.

Cairan infus yang enak diminum?

Tiga tahun kemudian, Akihiko menjabat sebagai presiden direktur yang ketiga. Memanggil kembali dan meminta Harima dan Akihisa Takaichi (33th – peneliti muda) untuk mengembangkan minuman kesehatan.
Harima menyerahkan penelitian kepada Takaichi. Takaichi pun melakukan penelitian dan ujicoba membuat minuman dari kompisi keringat. Namun ujicobanya sangat jauh dari sempurna.

Minuman Pocari Sweat ditemukan

Hampir 3 tahun Takaichi melakukan ujicoba lebih dari 1000 kali namun tetap belum sempurna. Tanpa rencana, Akihiko mencampur minuman Takaichi dengan minuman serbuk instant rasa jeruk yang juga belum sempurna.
Dari kejadian tersebut ditemukan rasa yang pas. Takaichi pun melakukan penelitian dari aneka rasa jeruk hingga ditemukan rasa yang sempurna. Ujicoba diberikan kepada para peneliti lain juga para direksi. Pocari siap di produksi.

Pocari Sweat ditolak konsumen

Tahun 1980 Pocari Sweat pun di produksi. Namun tanggapan konsumen sangat jauh dari harapan. Semua toko pengecer menolak Pocari. Bahkan konsumen langsung di event-event pun mencaci Pocari.
Hingga akhirnya, Akihiko memberi keputusan yang mengejutkan. Dia memerintahkan agar membagikan Pocari Sweat secara gratis tanpa batas hingga akhir tahun agar Pocari bisa dikenal luas.

Video 5 : Dibagikan gratis, rugi besar namun akhirnya sukses berlipat

Pembagian gratis dimulai secara besar-besaran diseluruh Jepang. Terutama tempat-tempat olahraga, fitnes dan sejenisnya. Pembagian tanpa batas mencapai 30juta kaleng atau setara dengan 400 milyar rupiah.
Namun tahun 1981, tahun kedua penjualan seiring datangnya musim panas Pocari Sweat laris sangat dratis. Penjualan pun meningkat hampir 3x lipat menjadi 2,6 trilliun rupiah yang sebelum nya hanya 600 milliar rupiah. Pocari Sweat pun berjaya.

Pelajaran yang bisa diambil dari sejarah Pocari Sweat

Setelah melihat video dan atau baca ebook ejarah Pocari ini apa kita dapatkan kawan? Tentu banyak sekali pelajaran berharga bukan? Yap, kalao saya sendiri dapat pelajaran-pelajaran sebagai berikut :
  • ternyata Pocari terinspirasi dari cairan infus dan keringat
  • ternyata cairan infus bisa diminum untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang.
  • ternyata Pocari paling enak dan segar diminum saat berkeringat usai olahraga atau beraktifitas berat.
  • ternyata air soda bisa digunakan untuk minum obat sebagai pengganti air putih.
  • ternyata air keringat itu memang beneran asin hihihi. Itu disebabkan karena adanya ion natrium.
  • ion kalium/ion magnesium penyebab rasa pahit pada keringat.
  • untuk meraih kesuksesan tidak selalu berjalan sesuai harapan dan harus dilakukan dengan kerja keras.
  • bila menjual produk/pasar baru harus mengenalkan secara luas dan berkualitas terlebih dahulu. Bukan menjual produk dulu tapi mengenalkan konsep, rasa, kualitas dan manfaat suatu produk.
buat anak-anak gaul pasti tau sama ost pocari sweat yang satu ini,,,,
ayoo sedikit gerakan tubuhmu.....

lihat pula ini  juga kawan > air zam zam dan khasiatnya


Tidak ada komentar:

Posting Komentar